Diposkan pada Super Physics

SUPER PHYSICS 2016

Super Physics merupakan akronim dari Semarak Untaian perlombaan Fisika kembali di adakan di Auditorium Universitas Tanjungpura (24/10/2016). Tema Super Physics 2016 yaitu sebagai wadah untuk mewujudkan generasi berprestasi yang EKSIS (Edukatif, Kompetitif, Sportif, Intelektual dan Smart). Hal ini mendapat respon positif dari Bapak Martono selaku dekan FKIP Untan. “Saya mendukung sekali kegiatan yang bersifat akademik, jelas dan dilaksanakan oleh Mahasiswa yang sesuai dengan program studinya. Apalagi jika pesertanya mencapai 1.170-an seperti ini.” ujarnya. Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya.

Perwakilan dari Dinas Provinsi Kalimantan Barat Ibu Katharina juga mendukung sekali kegiatan Super Physics ini. “selama 3 tahun terakhir Super Physics memberikan dampak yang baik untuk siswa se-Kalimantan Barat” ujarnya. Ia mengatakan kegiatan ini sangat membantu menumbuhkan minat siswa dalam berkompetisi “Dinas juga mempunyai kegiatan yang bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang di selenggarakan setiap tahun. Dengan diadakannya kegiatan ini juga dapat menambah minat siswa untuk berkontribusi dalam kompetisi-kompetisi yang kami adakan khususnya di bidang Fisika.” Ujarnya.

Super Physics merupakan sebuah agenda tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HMPF) FKIP Untan. Penyelenggaran Super Physics mengacu pada bidang pendidikan khususnya bidang fisika yang dianggap sulit oleh peserta didik dan memperkenalkan Universitas Tanjungpura Pontianak sebagai Perguruan Tinggi yang membentuk manusia intelektual dan berkualitas yang mandiri dan berguna bagi masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Mewadahi potensi akademik pelajar dari seluruh jenjang pendidikan.
  2. Mengukur tingkat penguasaan dan pengetahuan materi siswa dalam sains khususnya dalam mata pelajaran fisika.
  3. Memperkenalkan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura sebagai Organisasi Mahasiswa yang bergerak dalam bidang pengembangan pendidikan dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat berkontribusi membangun sistem pendidikan di Kalimantan Barat.

Kegiatan yang diadakan pada Super Physics 2016 yaitu :

  1. Olimpiade Science Cilik (OSC) untuk siswa Sekolah Dasar (SD)/Sederajat se-Kota Pontianak dan Sekitarnya.
  2. Science Competition (SC) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Sederajat se-Kalimantan Barat.
  3. Physics Competition untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat se-Kalimantan Barat.

Pada tanggal 27-28 Agustus 2016 telah diadakan Tahap Seleksi Daerah serentak di 12 Kabupaten (Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Bengkayang, Ketapang, Sambas, Kubu Raya, Kayong Utara, Landak, dan Mempawah) dan 2 Kota ( Pontianak dan Singkawang) untuk tingkat SMP dan SMA Se-Kalimantan Barat. Total peserta Super Physics yang mengikuti seleksi daerah berjumlah 1.179 peserta dengan rincian peserta Physics Competition (PC) SMA/Sederajat adalah 559 peserta dan total peserta Science Competition (SC) SMP/Sederajat adalah 620 peserta.

10 besar pemenang disetiap Kabupaten dan Kota tersebut mengikuti Tahap Final Provinsi di Auditorium Untan Pontianak pada tanggal 24 Oktober 2016. Peserta Science Competition (SC) dan Phyics Competition (PC) akan berkompetisi dan memperebutkan piala bergilir Rektor Untan. Total peserta Physics Competition (PC) SMA/Sederajat sebanyak 80 peserta, Science Competition (SC) SMP/Sederajat sebanyak 89 peserta, dan Olimpiade Science Cilik (OSC) SD/Sederajat sebanyak 131 peserta.

Created By : PIJar 2016

Iklan

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s