Posted in Uncategorized, WikiPAWK

Ban Masa Depan, Seperti Bola dan Melayang

Desain ban seperti bola dan melayang sangat berguna untuk mengatasi segala macam kondisi jalan, termasuk menghindari potensi kecelakaan.
Ban Masa Depan, Seperti Bola dan MelayangGoodyear Eagle 360 concept. (Good Year/Youtube)

Semua penyuplai otomotif kini bergerak ke arah yang sama yakni menyambut teknologi otonomos. Berbagai usaha menciptakan inovasi terus bergulir, salah satunya datang dari produsen ban, Goodyear, yang punya visi ban masa depan seperti bola dan tidak menempel pada mobil.

Prototipe itu dinamakan Eagle-360 Concept. Dalam arti yang sebenarnya

Goodyear ingin mengubah definisi ban yang selama ini kita kenal.Bentuk bola membuat mobil bisa bergerak ke arah mana saja. Desain seperti ini mengizinkan manuver mobil lebih lega sekaligus sangat berguna buat mengatasi segala macam kondisi jalan, termasuk buat menghindari potensi kecelakaan.

Agar memungkinkan, ban bola tidak menyambung dengan mobil menggunakan sistem mekanis, melainkan memanfaatkan gaya angkat magnet. Semua rancangannya mendukung kepraktisan yang ditawarkan otonomos.

“Kami membayangkan pada 2030 sebagian besar mobil akan otonomos. Mendapatkan informasi harus dilakukan dengan cara yang berbeda. Kami percaya ban ini tidak hanya mengoneksikan jalan dengan kendaraan tapi juga menginformasikan mobil,” ujar Percy Lemaire, Regional Tech Director Goodyear, seperti diberitakan Autocar, Senin (30/5/2016).

Bagian tapak pada ban bola adalah kulit dengan motif seperti ban biasa. Kulit itu bisa diganti jika telah aus atau diganti dengan motif berbeda. Sensor-sensor membuat ban merasakan permukaan jalan, dengan begitu memberikan informasi pada komputer tentang kondisi seperti licin, kering, atau basah.

Algoritma komputer menghasilkan pengaturan kecepatan mobil dan traksi untuk membelok. Lebih jauh dari itu, komputer juga memberikan informasi ke kendaraan lain melalui sistem remote.

 

(Febri Ardani Saragih/Kompas.com dalam nationalgeographic.o.id)

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s