Posted in Uncategorized, WikiPAWK

Penggunaan Angin Matahari dalam Perjalanan Antariksa Akan Digunakan Melalui E-Sail

Perjalanan antariksa di masa depan akan dipercepat dan dipermudah E-sail melalui penggunaan pesawat ulang-alik.

Penggunaan Angin Matahari dalam Perjalanan Antariksa Akan Digunakan Melalui E-SailAnimasi yang menunjukkan fenomena angin Matahari di heliotail (Dok.NASA)

Perjalanan antariksa di masa depan akan dipercepat dan dipermudah E-sail melalui penggunaan pesawat ulang-alik. E-sail merupakan teknologi yang menggunakan tenaga matahari dengan memanfaatkan momentum angin surya sebagai penggerak pesawat. Kini, NASA sedang melakukan eksperimen di

Alabama pada tenaga pendorongnya.

Heliopause Electrostatic Rapid Transit Syster Electric Sail atau HERTS E-sail merupakan penelitian yang ditemukan pada tahun 2015 oleh Space Technology Mission Directorate (STMD). Penelitian dan aplikasi yang telah dijalankan dapat berpotensi untuk menghemat waktu perjalanan antar bintang yang dilakukan oleh pesawat ulang-alik. Bahkan teknologi tersebut dapat menggiring pesawat tersebut ke ujung tata surya.

Bruce Wiegmann sebagai insinyur utama E-Sail mengatakan bahwa Matahari memproyeksikan elektron dan proton menuju angin matahari dengan kecepatan hingga 750 kilometer per detik. E-sail memiliki sistem tenaga pendorong dengan 10 kabel alumunium berkekuatan listrik berbentuk lingkaran. Kabel-kabel tersebut berguna untuk menolak gerakan cepat proton dari angin matahari dan momentum yang terbentuk beraksi sebagai pendorong pesawat ulang-alik.

Pada dasarnya E-sail menggunakan proton untuk menggerakan pesawat tersebut. Navigasi dilakukan untuk mengontrol listik pada setiap kabel, mengubah tenaga yang diaplikasikan pada tiap bagian berbeda pendorong. Tes yang dilakukan NASA akan mencoba mencari informasi atas tingkat bentrokan elektron dan proton.

Kini misi Voyager NASA sedang mengeksplorasi jalur antar bintang, salah satu misi ambisius yang kedepannya dapat dipermudah melalui teknologi E-sail. Bruce Wiegmann menutup dengan pernyataan bahwa eksperimen yang dilakukan disini akan merevolusionerkan misi ilmiah yang berkaitan dengan perjalanan antariksa.

sumber : Bramantyo Indirawan / Techtimes.com/Digitaltrends.com via Intisari-Online dalam http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/04/penggunaan-angin-matahari-dalam-perjalanan-antariksa-akan-digunakan-melalu-e-sail

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s