Posted in WikiPAWK

Sejarah Fisika | Hukum Coloumb

Biografi PenemuCoulombCharles300px

Nama                             : Charles Augustin de Coulomb

Lahir                               : 14 Juni 1736 Angoulême, Angoumois, Prancis

Meninggal                      : 23 Agustus 1806 (umur 70) Paris, Prancis

Kebangsaan                   : Perancis

Riwayat Pendidikan        : Collège Mazarin, Society of Sciences, École du jin

Studi                               : Filsafat, Bahasa dan Sastra, matematika, astronomi, kimia, botani

Karir                                : insinyur (1761), anggota Académie of Sciences (1781),

Karya                              :

  1. Karya pertama Coulomb yang cukup terkenal adalah “Sur une application des règles, de maximis et minimis à quelque problèmes de statique, relatifs à l’architecture”.
  2. Karya kedua yang dihasilkan Coulomb adalah “Recherches sur la meilleure maniere de fabriquer les aiquilles aimanteas”.
  3. Karya ketiga Coulomb ditulis selama ia berada di Rochefort, Coulomb melakukan experimen tentang mekanik. Dan membuat laporan Ilmiah dengan judul “Théorie des machines simples” (The Theory of Simple Machines) yang memenangkan hadiah Grand Prix dari Académie the Sciences  pada1781.
  4. Karya Coulomb selanjutnya Pada 9 september 1784, Coulomb kembali menulis laporan ilmiahnya berjudul Recherches théoriques et expérimentales sur la force de torsion et sur l’élasticité des fils de metal.
  5. Pada tahun 1785-1791, Coulomb membuat tujuh seri laporan ilmiahnya berjudul Mémoire sur l’Électricité et le Magnétisme. Dalam Laporan Ilmiah ini Coulomb menyatakan bahwa “besarnya gaya listrik sebanding dengan besarnya muatan listrik dua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pisah antara dua buah benda yang bermuatan listrik”.  Pernyataan ini dikenal dengan nama Hukum Coulomb.

Sejarah Hidup

Nama lengkapnya adalah Charles Augustin de Coulomb. Ia adalah seorang fisikawan perancis yang lahir pada 14 Juni 1736. Coulomb berasal dari keluarga bangsawan yang berpengaruh. Ayahnya Coulomb Henry dan ibunya Catherine Bajet. Pada saat Coulomb masih kecil, kedua orang tuanya pindah dari Angoulême, ibu kota Angoumois di barat daya Perancis ke Paris.

Di paris, Coulomb belajar di Collège Mazarin. Sayangnya, pada saat ini ayah Coulomb mengalami kebangkrutan, sehingga beliau pindah ke Montpellier. Sedangkan ibunya tetap tinggal di paris. Coulomb merasa tidak nyaman tinggal dengan ibunya dan akhirnya pindah ke Montpellier dan tinggal bersama ayahnya.


Pendidikan

Pendidikan Coulomb dimulai  sejak kepindahannya ke Paris. Di Paris, Coulomb belajar di Collège Mazarin. Coulomb banyak belajar tentang a good classical grounding in language, sastra, filsafat, dan dia mendapat pengajaran terbaik dalam matematika, astronomi, kimia dan botani. Sayangnya, pada saat ini ayah Coulomb mengalami kebangkrutan, sehingga Coulomb dan ayahnya pindah ke Montpellier. Dan karena ketertarikannya terhadap matematika dan astronomi, di Montpellier ia bergabung dalam Society of Sciences pada bulan maret 1757. Ia juga sering mempresentasikan papernya mengenai matematika dan astromi di Society of Sciences.

Kemudian, Coulomb ingin belajar di École du jin di Mézières, tetapi untuk berhasil lulus dalam ujian masuk dia harus mendapat bimbingan belajar. Sehingga pada Oktober 1758, Coulomb kembali ke Paris untuk belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes ujian masuk di École du jin.

Setelah belajar, ia akhirnya mengikuti tes ujian masuk École du Génie di Mézières dan akhirnya lulus pada Februari 1760. Disana, Coulomb belajar keras dan berhasil lulus pada November 1761. Dia seorang insinyur yang terlatih dengan peringkat letnan di  Corps du Génie.


Karir

Karir Coulomb dimulai Setelah ia lulus dari École du Génie. Dengan keahliannya dalam bidang teknik, Coulomb ditugaskan selama 20 tahun ke berbagai tempat yang berbeda dalam pengerjaan bidang teknik, seperti desain struktural dan perbentengan.

Awalnya, Coulomb ditugaskan di Brest, namun kemudian, pada Februari 1764 ia dipindahkan ke pulau martinique di hindia barat. Di pulau Martinique, Coulomb ditugaskan mengawasi pembangunan benteng di Martinique yang menghabiskan biaya yang sangat besar. Kesehatannya makin lama makin buruk. Maka pada juni 1772 ia kembali ke Perancis dan ditempatkan di Bouchain. Semua pengalamannya selama di pulau Martinique menggiringnya untuk mempelajari sifat-sifat mekanis bahan-bahan dan bermacam-macam struktur teknik.

Pada tahun 1781, sebuah surat sampai kepada Coulomb dan mengubah kehidupannya. Coulomb terpilih sebagai anggota Académie of Sciences sehingga ia ditempatkan di Paris. Ia juga tidak dilibatkan lagi dalam proyek pembangunan, melainkan diangkat sebagai konsultan bidang teknik. Dengan terpilihnya Coulomb sebagai anggota Académie of Sciences, semakin membuka lebar kesempatannya untuk melakukan penelitian dalam bidang fisika. 


EpistimologiHukum-coulomb

Hukum coulumb pertama kali ditemukan oleh Charles Augustin de Coloumb pada tahun 1785. Hukum coulomb menjelaskan interaksi anatar dua benda bermuatan. Interaksi antar 2 muatan menimbulkan gaya elektrosttik yang dapat bersifat tarik-menarik maupun tolak menolak tergantung pada jenis muatannya. Apabila muatanya sejenis maka tolak menolak, dan apabila berlawanan jenis akan tarik menarik. Adapun bunyi hukum coulomb sebagai berikut

“besarnya gaya tarik menarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik berbanding lurus dengan muatan masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut“

Secara matematis hukum coulomb dapat disimbolkan menjadi

Percobaan-Coulomb-204x300
Timbangan puntir

 d

Coulomb berhasil menemukan hubungan antara gaya elektrostatik dengan besar muatan dan jarak antar muatan menggunakan timbangan puntir. Menurutnya jumlah puntiran yang terjadi pada tali penggantung sebanding dengan gaya yang diterima oleh tali tersebut. Karena benda bermuatan dihubungkan dengan tali timbangan puntir maka jumlah puntiran akan sebanding dengan gaya yang diterima benda.

Peneliatian hukum coulomb yang pertama adalah mengukur besar gaya elektrostatik dengan menggunakan timbangan puntir yang didalamnya terdapat tiga benda bermassa sama. Kemudian dua dari tiga benda tersebut diberi muatan yang sama dengan cara konduksi dan satu benda sisanya berfungsi sebagai penyeimbang gantungan. Ketika kedua benda bermuatan didekatkan, terjadi pergeseran sejauh r pada benda yang digantungkan. Dengan mengukur sudut geser dan mempertimbangkan elastisitas tali, maka Coulomb berhasil memperoleh besar gaya elektrostatik yang terjadi.

Kemudian Coloumb melakukan penelitiannya yang kedua yaitu untuk mencari hubungan antara gaya elektrostatik dan besar muatan. Dengan cara yang sama pada penelitian yang pertama namun dengan besar muatan benda yang berbeda-beda, Coloumb menemukan bahwa gaya elektrostatik semakin besar ketika muatan diperbesar. hal ini menunjukkan bahwa gaya elektrostatik berbanding lurus dengan besar muatan kedua benda g.

Kemudian pada penelitiannya yang ketiga beliau mencari hubungan antara gaya elektrostatik dan jarak antara kedua muatan. Masih dengan cara yang sama dengan penelitian yang pertama namun dengan mengubah-ubah jarak antara kedua muatan, Coloumb menemukan bahwa semakin jauh jaraknya maka gaya elektrostatik yang timbul semakin kecil. Penelitian menunjukkan bahwa gaya elektrostatik berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda b.

Dari penelitian-penelitiannya tersebut, Coulomb menyimpulkan bahwa gaya elektrostatik sebanding dengan besar kedua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan c . Kemudian dari data-data penelitian didapatkanlah bahwa gaya elektrostatik yang terjadi antara benda bermuatan listrik besarnya sama dengan konstanta coulomb dikalikan besar kedua muatan dibagi kuadrat jarak antar kedua muatan d

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s