Posted in WikiPAWK

Energi Gelap dan Materi Gelap (Bagian II)

Dengan mencocokkan antara model teoritis dari komposisi alam semesta dengan kombinasi dari sekumpulan pengamatan kosmologi, ilmuawan telah menyimpulkanan komposisi alam semesta ~68% energi gelap, ~27% materi gelap, ~ 5% materi normal.

planck_cosmic_pie

Apa Itu Materi Gelap?

Salah satu tabrakan paling rumit dan dramatis antar gugus galaksi yang pernah terlihat tertangkap dalam gabungan gambar baru Abel 2744. Warna biru menunjukkan peta konsentrasi massa total (kebanyakan materi gelap).
Salah satu tabrakan paling rumit dan dramatis antar gugus galaksi yang pernah terlihat tertangkap dalam gabungan gambar baru Abel 2744. Warna biru menunjukkan peta konsentrasi massa total (kebanyakan materi gelap).

Ilmuawan sangat yakin bahwa mereka telah mengetahui apa itu materi gelap. Pertama, materi itu adalah gelap, yang artinya bahwa itu tidak dalam bentuk bintang-bintang dan planet-planet yang kita lihat. Pengamatan menunjukkan bahwa ada terlalu sedikit meteri terlihat di dalam alam semesta untuk melengkapi 27% yang dibutuhkan oleh pengamatan. Kedua, materi tersebut tidak dalam bentuk awan gelap materi normal, materi terbentuk dari partikel-partikel yang disebut baryon. Kami mengetahui ini karena kami akan dapat mendeteksi awan-awan baryonik dari penyerapannya terhadap radiasi yang melewatinya. Ketiga, materi gelap bukanlah anti-materi, karena kami tidak menemukan sinar gamma unik yang dihasilkan ketika anti-materi memusnah bersama materi. Akhirnya, kita dapat menyingkirkan lubang galaksi berukuran besar hitam atas dasar berapa banyak lensa gravitasi yang kita lihat. Konsentrasi tinggi dari materi membelokkan cahaya yang melintas di dekat materi dari objek yang jauh, tapi kami tidak melihat peristiwa lensa yang cukup untuk memperkirakan bahwa beberapa objek membentuk kebutuhan 25% kontribusi materi gelap.

Namun, pada saat ini, masih ada sedikit kemungkinan materi gelap yang dapat terus hidup. Materi baryon dapat tetap membentuk materi gelap jika materi baryon tersebut semuanya terikat dalam katai coklat (Brown Dwarfs) atau dalam kecil kerapatan bongkah elemen-elemen berat. Kemungkinan-kemungkinan ini dikenal sebagai objek halo padat yang besar, atau MACHO. Tapi penampakan yang paling umum bahwa materi gelap tidak bersifat baryon sama sekali, tapi bahwa materi gelap dibentuk oleh materi lain, partikel yang lebih eksotis seperti axion atau WIMPS (Weakly Interacting Massive Particles).


Terjemahan dari

http://science.nasa.gov/astrophysics/focus-areas/what-is-dark-energy/

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s