Posted in WikiPAWK

Stephen Hawking : Partikel Tuhan Bisa Hancurkan Alam Semesta

Pada postingan sebelumnya kami telah membahas tentang penemuan partikel sub-atom yang dinamai Higgs Boson atau dikenal dengan Partikel Tuhan. Demikian juga pada postingan kali ini, kami kembali akan membahas tentang Partikel Tuhan, namun secara khusus mengenai pernyataan seorang fisikawan teoretis bernama Stephen William Hawking. Dia adalah seorang profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. Dia dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama karena teori-teorinya mengenai teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking.


Hawking: Partikel Tuhan Bisa Hancurkan Dunia (Foto: Express)
Hawking: Partikel Tuhan Bisa Hancurkan Dunia (Foto: Express)

Dilansir Cnet, Senin (8/9/2014), Higgs Boson ditemukan oleh ilmuwan selama percobaan dalam Large Hadron Collider milik Organisation Européene pour la Recherche Nucléaire (CERN). Muncul ketakutan apabila Partikel Tuhan ini menjadi tidak stabil dan menyebabkan kerusakan, maka dunia akan hancur.

Ancaman kehancuran ini tidak hanya untuk Bumi, tetapi juga seluruh alam semesta. Sekadar informasi, ilmuwan menjelaskan bahwa partikel Tuhan ini merupakan bahan vital untuk menjelaskan mengapa hal-hal di dunia ini memiliki massa.

Profesor Stephen Hawking memperingatkan upaya keras dalam menemukan Partikel Tuhan (the Higgs boson) bisa menghancurkan alam semesta. Petaka ini bisa terjadi jika energi dihasilkan lewat penelitian bisa melebihi 100 miliar giga electron volt (GeV).

Dalam Kondisi tersebut, akan terjadi fluktuasi kuantum yang menciptakan gelembung vakum di alam semesta. Karena energi yang rendah, gelembung itu akan mengembang dengan kecepatan cahaya dan menyapu semua yang ada di hadapannya.

Komentar tersebut dilontarkan Hawking dalam pembukaan buku Starmus yang baru diterbitkan.

“Higgs Bosson memiliki kemampuan yang mengerikan yang membuatnya tidak stabil saat memiliki energi yang begitu kuat. Hal ini bisa membuat alam semesta mengalami kondisi kehampaan yang amat berbahaya dengan gelembung penghisap yang berekspansi dalam kecepatan cahaya. Kondisi ini bisa terjadi sewaktu-waktu dan kita takkan bisa memprediksi kapan hal itu terjadi,” tulis Hawking

Higgs Boson atau Partikel Tuhan ditemukan oleh peneliti di partikel akselarator CERN, Swiss. Partikel tersebut ditemukan dengan menabrakkan dua proton berkecepatan tinggi.

Kendati meramalkan Partikel Tuhan bisa melenyapkan alam semesta, Hawking mengakui bahwa bencana yang melibatkan Higgs Boson amatlah kecil kemungkinannya karena manusia tidak memiliki partikel akselarator yang cukup besar untuk membuat energi Partikel Tuhan mampu melenyapkan jagad raya.

“Sebuah partikel akselarator yang mampu menciptakan energi 1 miliar GeV (gigaelectronvolts) takkan mungkin bisa terwujud dalam kondisi ekonomi saat ini,” ujar Hawking.


Hari kiamat merupakan rahasia Tuhan. Sejatinya, ilmu pengetahuan hanya dapat memprediksinya. Tidak ada yang tahu kapan dan bagaiman alam semesta akan berakhir.

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s