Posted in WikiPAWK

Bisakah Manusia dan Pesawat Luar Angkasa Mendarat di Planet Jupiter?

planet-jupiter

Jupiter adalah planet terbesar berdasarkan volume dan massa di tata surya. Selain luar biasa dalam hal ukuran, gravitasinya juga terkuat diantara semua planet dalam tata surya. Namun matahari jelas memiliki tarikan gravitasi yang lebih kuat, namun di antara semua planet, Jupiter adalah jawaranya. Kekuatan gravitasi rata-rata di permukaan Jupiter lebih dari 3 kali gravitasi bumi dan medan magnet Jupiter 14 kali lebih kuat dari bumi.

Itu sedikit tentang karakteristik planet Jupiter. Nah, yang menjadi bahasan kita “apakah manusia dan pesawat luar angkasa bisa mendarat di planet Jupiter?”

Banyak orang berasumsi bahwa planet adalah sebuah padatan berukuran super besar dan memiliki daratan layaknya bumi maupun mars. Tetapi sesungguhnya asumsi yang demikian tidaklah tepat. Sebagian planet bahkan tidak memiliki daratan sama sekali dan disusun oleh gas.

Manusia maupun pesawat luar angkasa tidak akan bisa mendarat di planet Jupiter, sebab Jupiter tidak memiliki permukaan yang solid (padat) untuk didarati, melainkan planet tersebut hanya terdiri dari gas. Awan gas Jupiter terus masuk menekan menuju inti, sehingga tekanan semakin tinggi. Dan apa yang akan terjadi jika kita mencoba untuk melompat ke permukaan Jupiter dari pesawat ruang angkasa? Kita akan tenggelam dalam awan dan peningkatan tekanan akan menghancurkan kita. Jika tekanan tidak membunuh kita, maka pasti suhu tinggi dekat inti yang akan membunuh kita.

Jupiter interior

Karena gaya gravitasi yang besar, maka benda apapun yang melintas dekat Jupiter akan tersedot masuk seperti asteroid, meteorit dan sebagainya, seperti debu yang masuk ke dalam mesin penyedot debu.

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s