Posted in Artikel Fisika

Penerapan Humor dalam Pembelajaran Fisika  

               Seperti yang kita ketahui bersama Pelajaran Fisika bisa dibilang paling killer dan sulit diantara pelajaran-pelajaran  Eksakta lainnya. Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik SPMB-Lover terhadap 34 jumlah responden member SPMB-Lover yang mengikuti polling terhitung tanggal Januari 2007 sampai 6 Maret 2007, hampir 70,59% responden menyatakan mata pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran yang paling sulit untuk dipahami. Alasan mengapa fisika menjadi mata pelajaran yang sulit pun beragam, salah satunya adalah Fisika adalah pelajaran yang mengunakan banyak sekali rumus turunannya, sehingga materi ini sulit dipahami oleh sebagian besar Siswa. Fisika seharusnya bisa menjadi ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Banyak aplikasi kehidupan sehari-hari yang bisa diterapkan dari Fisika. Namun, rendahnya minat siswa terhadap pelajaran ini, membuat Fisika jarang diminati. Kesulitan memahami Fisika diperparah dengan keadaan pengajar guru Fisika yang kurang berkompeten dan proses pembelajaran yang kurang menarik.

Metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran fisika agar fisika dapat menyenangkan dan menarik di mata peserta didik yaitu dengan  menciptakan suasana pembelajaran fisika yang asyik, seru dan berbeda dari yang lain melalui penyisipan Humor yang berhubungan dengan ilmu fisika dalam penyampaian materi.

Ketika guru mengajar di ruang kelas, sebenarnya guru sedang berkomunikasi secara sosial dengan peserta didiknya. Komunikasi sosial yang sedang dilakukan akan menjadi membosankan tanpa selingan humor. Pilihan menggunakan humor untuk menyatakan perasaan dalam kondisi apapun adalah sesuatu yang tepat. “ Humor dapat mengkomunikasikan rasa suka atau tidak suka dan dapat menggunakan humor untuk meng-ekspresikan perasaan positif atau negatif tentang orang lain” (Shapiro, 1997).

Humor dapat menghindarkan seseorang dari rasa bosan berlebihan. Cooper dan Sawaf (1999) menyatakan bahwa humor seorang guru mendorong anak-anak untuk selalu ceria dan gembira serta tidak akan cepat merasa bosan atau lelah. Kemudian Staton (1978) juga mendukung  pendapat tersebut bahwa cerita yang dianggap penting atau kecakapan mempergunakan kesempatan yang tepat untuk menyisipkan humor secara bijaksana sepanjang pemberian pelajaran, akan mendorong siswa untuk tidak bosan mengikuti pelajaran tersebut.

Humor yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika dapat berupa : Karikatur fisika, cerita lucu, gambar-gambar yang aneh dan unik  berhubungan dengan fisika, dan animasi yang mengandung unsur-unsur fisika, dan penggunaan kata-kata lucu dan menarik mengenai fisika dalam penyampaian materi, serta dapat menggunakan metode stand-up comedi yang saat ini sedang populer.

 Sebagai contoh :

  • Hukum Gravitasi Dalam Karikatur

                 Untitled

Dimana, Besarnya gaya gravitasi (kekuatan cinta ) antara kedua massa  dan   (pasangan), berbanding terbalik dengang kuadrat jarak,dalam artian makin besar jaraknya maka gayanya makin kecil.

=>Optik Dalam Animasi

b

http://ayip7miftah.wordpress.com/2012/01/30/eksperimen-025-hidup-tanpa-hukum-gravitasi/.

            Semoga dengan metode “ Penerapan Humor dalam Pembelajaran Fisika ” dapat meningkatkan Efektivitas proses pembelajaran, khususnya pelajaran Fisika. Dan diharapkan  melalui humor  interaksi dan komunikasi antara guru  dan siswa dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan sehingga materi pelajaran fisika yang membosankan dan sulit dipahami, jika dikomunikasikan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami akan memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajarinya. Interaksi yang baik antara guru dan siswa akan memperdekatkan jarak secara psikologis antara keduanya dan hal itu akan memperlancar proses transformasi pelajaran dari guru kepada siswa.

NAMA            : DENY. HARLIANTO

NIM                : F03111037

PRODI            : PEND. FISIKA 2011

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s