Posted in Uncategorized

FISIKA = Fikiran Siap Kacau

FISIKA OH FISIKA ! Hal-hal sederhana yang terjadi di kehidupan sehari-hari saja sudah dapat dikaitkan dengan ilmu fisika. Contohnya buah apel jatuh dari pohon dengan ketinggian tertentu, oleh orang fisika dapat ditentukan energi potensialnya. Untuk menghitungnya digunakan suatu rumus energi potensial yaitu Ep=mgh . Itu baru satu contoh kejadian sehari-hari belum kejadian atau peristiwa lainnya, harus membutuhkan berapa banyak rumus lagi? Begitu banyak rumus yang ada di dalam ilmu fisika. Inilah yang membuat sebagian siswa menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang kurang menarik. Ditambah dengan guru di sekolah yang  hanya memberikan soal-soal fisika setiap pelajaran berlangsung. Padahal telah  banyak bimbingan belajar yang menggunakan rumus-rumus praktis. Jadi apakah memang pelajaran fisika itu membosankan?

Kurangnya variasi metode pembelajaranlah yang menyebabkan murid cenderung bosan. Mereka hanya diberi rumus dan soal-soal saja , untuk itu dibutuhkan penyegaran di dalam kelas agar metode pembelajarannya tidak monoton. Sehingga murid nantinya akan antusias dengan pelajaran fisika. Banyak cara yang dapat dilakukan beberapa diantaranya yaitu, pertama dengan membuat kelompok belajar di dalam kelas yang terdiri dari 4-5 orang perkelompok . Lalu masing-masing kelompok di beri kartu poin atau kartu nilai. Kartu point disini berfungsi untuk mengumpulkan nilai keaktifan murid di dalam kelas. Misalkan  ketika murid dapat menjawab soal yang diberikan oleh guru, maka anak tersebut mendapatkan poin 5. Di wajibkan setiap orang dalam kelompok harus mendapatkan poin yang rata. Dengan begitu diharapkan jika mereka dapat bekerja sama,dan yang lebih pandai dapat berbagi dengan temannya yang belum paham. Di akhir tes nanti jika semua anggota kelompok mampu mengerjakan soal maka kelompok tersebut akan mendapatkan nilai tambahan. Ini berarti kelompok mereka telah berhasil mengerti materi tersebut.

Kedua, agar mereka lebih menyukai fisika kita harus mengenalkan fisika ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dari kelompok tersebut masing-masing dapat diberi tugas untuk membuat alat peraga atau percobaan sederhana yang akan di demonstrasikan di depan kelas sesuai dengan materi masing-masing. Jadi, setiap materi baru akan dimulai ada 1-2 kelompok yang mendemonstrasikan percobaan mereka. Untuk menghemat  waktu dapat membatasi sekitar kurang lebih 10 menit. Dan dilanjutkan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Jika hal ini dilakukan, diharapkan para siswa dapat mengerti sedikit tentang materi pelajaran tersebut dan beranggapan bahwa fisika bukan hanya rumus saja, tetapi banyak hal-hal yang menakjubkan di sekitar mereka. Dengan dilakukan suatu percobaan siswa juga dapat merasakan secara langsung bahwa fisika ada di hal-hal sederhana yang terdapat di sekitar mereka. Hal ini dapat menimbulkan rasa penasaran dan kebanggaan tersendiri . Jika memungkinkan percobaan tersebut dapat diperlombakan atau diadakan pameran alat peraga fisika di sekolah. Kreatifitas muridpun akan semakin berkembang untuk mengaplikasikan ilmu fisika di kehidupan sehari-hari.

Diharapkan dengan dilakukan metode ini murid-murid lebih bersemangat dan aktif dalam mempelajari fisika . Dengan berbagai macam variasi dalam pembelajaran fisika, murid akan merasa antusias untuk dan tidak merasakan kejenuhan. Sehingga anggapan orang-orang terhadap fisika dapat berubah menjadi ilmu yang menyenangkan dan dapat diaplikasikan untuk membantu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

NAMA : SHELLY NURUL MARFITA

NIM    : F03111010

PENDIDIKAN FISIKA 2011

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s