Posted in Artikel Fisika

ENERGI MATAHARI, PERUBAHAN SERTA PENGGUNAANNYA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Oleh :

Nisa Amalia Wulandari

F03111040

Dalam ilmu fisika energi diartikan sebagai kemampuan sesuatu untuk melakukan usaha. Dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya manusia tidak lepas dari yang namanya energi. Salah satu contohnya adalah energi matahari. Matahari merupakan pusat tata surya dan juga merupakan sumber energi terbesar dialam dan dimanfaatkan oleh seluruh mahluk hidup. Matahari menghasilkan energi yang berupa radiasi sinar matahari yang dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi lain yang sangat berguna bagi kehidupan. Total energi matahari yang diserap oleh atmosfer, lautan, dan daratan Bumi sekitar 3.850.000 eksajoule (EJ) per tahun. Energi radiasi matahari yang sampai dibumi ini dimanfaatkan oleh semua mahluk hidup. Sebagai contoh, energi radiasi matahari yang sampai ke daun dimanfaatkan oleh tumbuhan hijau untuk melakukan fotosintesis dan energi radiasi matahari yang sampai kebumi juga dimanfaatkan manusia dengan cara mengubahnya menjadi energi listrik.

Sebagian besar manusia memanfaatkan energi matahari yang sampai ke bumi sebagai sumber pencahayaanuntuk tempat tinggal mereka pada siang hari. Namun, akhir-akhir ini banyak masyarakat khususnya yang tinggal didaerah perkotaan mulai memanfaatkan energi matahari tidak hanya sebatas sebagai sumber pencahayaan, tetapi mereka memanfaatkan energi matahari untuk memanaskan dan mendinginkan ruangan dengan menggunakan sel surya serta untuk memasak dan memanaskan air dengan menggunakan kompor tenaga surya.

Energi matahari yang sampai ke bumi sebagian besar dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi, khususnya minyak bumi. Di samping jumlahnya yang tidak terbatas, pemanfaatan energi matahari juga tidak menimbulkan polusi sehingga tidak merusak lingkungan. Pemanfaatan energi matahari tersebut adalah dengan cara mengkonversi cahaya atau sinar matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan teknologi sel surya atau fotovoltaik.

Sel surya adalah sebuah alat yang tersusun dari material atau bahan semikonduktor yang dapat mengubah sinar matahari menjadi tenaga listrik secara langsung. Sel surya juga dimanfaatkan pada sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Pada dasarnya sel surya terdiri dari sambungan p-n yang memiliki fungsi yang sama dengan sebuah dioda (diode). Sederhananya, ketika sinar matahari mengenai permukaan sel surya, energi yang dibawa oleh sinar matahari ini akan diserap oleh elektron pada sambungan p-n untuk berpindah dari bagian dioda p ke n dan untuk selanjutnya mengalir ke luar melalui kabel yang telah terpasang ke sel. Agar listrik yang dihasilkan dari sel surya ini dapat dimanfaatkan, maka sel surya membutuhkan sebuah alat yang disebut dengan Balance of System (BOS) yang paling minim terdiri dari inverter yang berfungsi untuk mengubah listrik DC dari sel surya menjadi listrik AC untuk keperluan sehari hari, baterei yang berfungsi untuk menyimpan kelebihan muatan listrik sehingga muatan listrik dari sel surya tersebut juga dapat dimanfaatkan pada pemakaian darurat atau juga dapat dimanfaatkan padamalam hari, serta beberapa buah controller yang berfungsi untuk mengatur daya keluaran dari sel surya secara optimal.

Selain dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, energi matahari juga dimanfaatkan pada berbagai macam alat transportasi sebagai pengganti bahan bakar. Sama halnya ketika dimanfaatkan sebagai penghasil listrik, pada kendaraan energi matahari dimanfaatkan juga dengan cara menggunakan sel surya. Beberapa alat transportasi yang memanfaatkan energi matahari tersebut antara lain adalah mobil surya, kapal surya, dan pesawat surya.

Sumber :

http://id.wikipedia.org

www.energysources2011.blogspot.com

www.esdm.go.id.htm

www.furqanwera.blogspot.com

www.jambogle.blogspot.com

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s