Posted in LitBang, WikiPAWK

Proyek Sederhana Antenna UHF

Proyek Sederhana Antenna TV UHF

 

 

 

 

20140109_181045foto labfis uplod 3

Ini adalah satu diantara hasil karya cipta Mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2011 yaitu  Antenna TV UHF yang merupakan bagian dari tugas terstruktur mata kuliah Laboratorium Fisika I. Proyek ini dilaksanakan kurang lebih 4 bulan yang di iringi dengan ide-ide pengembangan secara bertahap dan konsultasi kepada dosen pembimbing secara berkala.

Proyek yang berhasil di buat berkat kerja tim ini merupakan aplikasi dari konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik dimana materi ini dipelajari di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X. Ide proyek ini muncul ketika kami mengamati orang-orang kebanyakan khususnya masyarakat Pontianak TV sebagai daerah yang dapat menangkap sinyal UHF( langsung tanpa perlu menggunakan resever) banyak menggunakan antenna di pasaran agar dapat menonton  .  Padahal Antenna ini pembuatannya sederhana sekali. Cukup dengan menggunakan barang-barang bekas yang ada disekitar dan jelas tidak perlu merogoh uang lebih. Hasil gambar yang ditampilkan juga tidak kalah jernih dengan Antenna di pasaran.

Antena yang dirancang ini merupakan antena penerima sinyal UHF. Sinyal UHF merupakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi ultra tinggi antar 300 MHz sampai dengan 3Ghz. UHF biasa digunakan untuk transmisi sinyal televisi. Berbeda dengan Sinyal VHF dengan band 30Mhz-300MHz dimana sinyal ini hanya menangkap siaran televisi local seperti TVRI,  Sinyal UHF dapat menangkap siaran TV nasional Indonesia seperti Indosiar, SCTV, RCTI, Global TV, Trans TV dan lain-lain. Pada proyek ini, kami tidak menggunakan boster sebagai penguat sinyal. Dan seperti yang terlihat, meski tanpa boster antenna ini tetap dapat menghasilkan gambar yang jernih. Selengkapnya langkah-langkah membuat antenna TV UHF sederhana download disini.
Semoga bermanfaat.

Proyek antenna UHF

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

2 thoughts on “Proyek Sederhana Antenna UHF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s