Posted in Uncategorized

Bocah 11 Tahun Jadi Mahasiswa Fisika!

Rifa Nadia Nurfuadah

Usianya baru 11 tahun, tetapi Carson Huey-You sudah menjadi mahasiswa di Texas Christian University di fort Worth, Texas. Pada usia sepuluh tahun, Carson melamar kuliah dan diterima sebagai mahasiswa jurusan Fisika.

Pihak Texas Christian University menyatakan, Carson adalah mahasiswa termuda sepanjang sejarah kampus itu. Bagi Carson, status ini bukan masalah. Sebab, kata Carson, dia sangat lah menyukai sekolah dan terutama memecahkan masalah. Carson juga memiliki alasan khusus dalam memilih Fisika sebagai jurusannya.

“Saya suka angka. Selain itu, membuat soal secara acak dan menyelesaikannya membantu saya lebih tenang ketika sedang marah atau butuh rileks,” kata Carson, seperti dikutip dari Yahoo News, Jumat (30/8/2013).

Meski sudah mahasiswa, sang ibu, Claretta Huey-You, mendampingi Carson ke kampus. Tetapi, dia tidak pernah masuk kelas ketika Carson belajar.

Claretta menyekolahkan Carson di rumah (home schooling) hingga Carson berusia lima tahun. Ketika Carson berumur dua tahun, dia sudah bisa menjumlahkan, mengurangi, mengalikan dan membagi angka-angka. Ketika itulah Claretta tahu bahwa Carson menunjukkan perkembangan yang pesat dalam pendidikan.

“Pada usia lima tahun, dia dapat mengerjakan aljabar. Ini adalah tantangan yang datang begitu cepat. Setelah lima tahun home schooling, saya menyekolahkan Carson ke sekolah swasta yang langsung menempatkannya di kelas delapan,” ujar Claretta.

Di kampus, Carson didampingi oleh Dr. Magnus Rittby. Sang doktor adalah wakil dekan dan profesor dalam bidang fisika dan astronomi.

“Ketika orang-orang khawatir tentang Carson berkuliah di usia sangat muda, reaksi saya adalah, ‘Apa lagi yang akan dia lakukan?’ Saya pikir, para mahasiswa akan belajar dari dia. Jika anak 11 tahun bisa berdiri di depan kelas dan menyatakan pemikirannya, mungkin itu akan mendorong mahasiswa lainnya untuk melakukan hal yang sama,” kata Rittby.

Menurut Carson, teman-temannya sangat baik dan membantu. Berada di kampus, dalam istilah Carson, amat lah “menyenangkan”.

“Hanya berada di kampus, mempelajari materi baru, menyelesaikan masalah; semua dalam area itu sangat asyik,” imbuh penyuka Star Wars ini.

Claretta, sang ibu, menyatakan Carson akan menyelesaikan studinya sesuai standar, yakni empat tahun. Claretta pun tidak ingin menyuruh Carson terburu-buru karena dia masih memiliki banyak waktu.

“Saya hanya ingin menjadikan ini sebagai pengalaman terbaik dalam hidupnya. Tetapi, saya juga tidak dapat menahan atau menghentikannya,” tutur Claretta.

Cita-cita Carson, menurut Claretta, adalah meraih gelar doktor dan melakukan penelitian “untuk menemukan sesuatu yang sangat besar dan brdampak pada cara kita hidup serta lebih baik bagi planet kita.”

Claretta menyadari, bakat anaknya adalah sebuah tanggung jawab yang amat besar. Tetapi, meski anaknya dianugerahi otak yang cemerlang, Claretta hanya ingin menyampaikan bahwa dia sangat bangga pada anaknya.

“Selain pintar, dia sangat rendah hati, baik dan penyayang. Meski sekarang dia di kampus, saya hanya ingin orang-orang tahu bahwa Carson adalah anak yang baik dan saudara yang hebat juga,” ujar Claretta. (ade)

Sumber : Okezone, 30 Agustus 2013

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s