Posted in LitBang

KKU CETAK HMPF DI SURAT KABAR

HMPF NEWS By: DiFlit _Litbang HMPF

Sukadana, Selasa (27/8) menjadi hari bersejarah bagi Adi Sutrisno, sapaan akrab Adi. Jelas saja, di hari tersebut namanya turut menjadi sorotan di beberapa surat kabar ternama seperti Pontianak Post, Borneo tribun, dan Rakyat Kalbar dalam Lomba PC seleksi daerah hari sabtu (24/8).
Sebagai PJ lomba Physic Competition daerah KKU ia terbilang sukses, karena berhasil merekrut peserta lebih banyak dari tahun sabalumnya. Selain itu, antusiasme dan respon positif juga terlihat dari Kepala Dinas Daerah KKU.
Pada hari yang sama dengan datangnya kabar tentang dimuatnya PC seleksi daerah di KKU di media cetak langsung menyebar ke mata rekan-rekan mahasiswa pendidikan fisika lainnya sekaligus menjadi topik hangat pembicaraan di jejaring sosial.
Sebuah komentar dilontarkan oleh Janariani mahasiswi P.Fisika Angkatan 2010, ia berkomentar, “bangga sm HMPF salut buat panitia , Soalnye saya ndak liat awalnya, teman PPL yang ngasi tau hhe saya cuma baca yang ptk post, meskipun masih kolom kecil sangat “lumayan” habis baca langsung terfikir ke SP soalnye di berita ndak ada liat kata-kata super physic disitu,, cm PC *yaa karena beritanya pc Semoga bise liat Lagi SP di Pontianak nanti” seperti yang tercantum pada komentar di fb.
Pemberitaan tentang PC memang membuat geger kawan-kawan HMPF. Menjadi suatu kebanggan bagi HMPF khususnya panitia SP, karena secara langsung menjadi suatu ajang pengenalan acara SP yang baru dua tahun berkiprah dalam peserta regional Kal-Bar, termasuk eksistensi HMPF sebagai pihak penyelenggara.
Anas, Ketum HMPF FKIP UNTAN yang sempat diwawancarai oleh tim DiFlit mengatakan bahwa suksesnya saudara Adi memuat berita tentang PC di KKU dalam surat kabar merupakan sebagai wujud nyata hasil upaya mengeksplor diri dalam arti HMPF. Sehingga PC bukan sekedar lomba yang diketahui oleh pihak-pihak terkait seperti peserta, pihak sekolah, pihak daerah, tetapi juga dikonsumsi oleh khalayak umum.
“Saya harap ini menjadi pemicu semangat bagi daerah-daerah lainnya, sehingga tidak hanya di Kayong tetapi bisa juga di sintang, sanggau, sambas atau lainnya. Dan kedepannya kita kejar target ke media elektronik”, tambah Anas.-dflt.

091213_1751_KKUCETAKHMP1.jpg

                                                                                  Berita PC di koran dengan judul PC sisir Sekolah Se KKU.

PC SEMAKIN BERTARING

Physic Competition (PC) sejak tahun 2012 mulai melakukan terobosan baru dibawah pimpinan kepengurusan HMPF Yudi Kurniawan. PC melebarkan sayapnya ke kawasan Kalimantan Barat.
PC memberikan kesempatan kepada siswa/i berpotensi seluruh kabupaten di Kal-Bar untuk ikut serta dalam ajang lomba mata pelajaran fisika. Sekaligus menjadi wadah bagi anak-anak berprestasi.
Tahun ini merupakan kali kedua HMPF menjaring siswa/i berbakat di 2 kota 12 kabupaten. Persiapan telah disiapkan dengan sangat matang 3 bulan sebelum seleksi daerah. oleh panitia Super Physics (sebagai acara induknya). Alhasil sebanyak 521 peserta mendaftar tes seleksi daerah yang telah dilaksanakan pada 24/8 lalu.
Tahun ini antusiasme sekolah di tiap daerah menunjukkan peningkatan dari tahun lalu jika dilihat dari kenaikan jumlah peserta hampir mencapai 100%. Selain itu tanggapan dari pihak dinas setempat juga tak sedikit yang memberi dukungan kepada pihak penyelenggara bahkan memberikan akses untuk para pemenang. Tentunya semua itu tidak terlepas dari kerja keras seluruh panitia SP.
Ketum HMPF juga merasakan antusiasme peserta. Anas yang waktu persiapan menjelang hari H (seleksi daerah) hingga di hari H berada di Bengkayang mendapat respon yang baik dan penerimaan yang ramah dari dinas kabupaten Bengkayang. Di bengkayang sendiri ada 33 peserta.
Belka, kabid bagian PAWK menjelaskan bahwa tahun ini kami melakukan sedikit perubahan dari tahun sebelumnya, tahu ini setiap daerah dijaring sebanyak 5 orang terpilih untuk mengikuti PC final 11 november mendatang.
“PC seleksi daerah sudah berlalu, artinya sudah setengah jalan. Saya katakan sukses. Hal ini berdasarkan laporan dari PJ tiap daerah. Respon dinas daerah juga sangat bagus, terlihat dari adanya dukungan dinas pendidikan KKU dan Kapuas Hulu yang menaggung biaya transportasi peserta ke pontianak nanti”, ungkap Belka. Ia juga menambahkan bahwa keuangan juga memuaskan karena proposal banyak yang tembus ke pihak sponsor.-dflt.

singkawang

Singkawang: peserta sedang mengerjakan soal PC seleksi daerah di aula SMAN 1 Singkawang.

pc

PC Sintang dengan jumlah peserta terbanyak (66 orang) tahun ini.

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

2 thoughts on “KKU CETAK HMPF DI SURAT KABAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s