Posted in Uncategorized

Formasi CPNS Kab.KETAPANG 2013

Ibnu Syarif: Tak Siap Mental, Jangan Ngacau

Utamakan Kuat Mental,Ketapang Terima 103 CPNS
Ket Photo: LIHAT PENGUMUMAN: Beberapa calon pendaftar CPNS asal Kabupaten Ketapang sedang melihat formasi penerimaan CPNS tahun ini di pintu masuk Kantor Bupati Ketapang, kemarin (9/9). AHMAD SOFI/PONTIANAK POST
Font size:

KETAPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang berharap agar para pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) benar-benar siap. Mereka diingatkan untuk tidak hanya memiliki kemampuan intelektual yang mumpuni, tapi juga mempunyai mental yang kuat. CPNS yang sudah diterima, juga diingatkan agar siap untuk ditempatkan di mana saja.

 

Kepala Bagian (Kabag) Kepegawaian Setda Ketapang, Ibnu Syarif, menegaskan kepada seluruh pendaftar CPNS, agar tidak mendaftarkan sebagai CPNS di Ketapang jika tidak siap untuk ditempatkan di mana saja. “Silakan daftar, tapi kalau tak siap mental, jangan ngacau,” tegasnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (9/9).

Tahun ini, Kabupaten Ketapang mendapat kuota penerimaan CPNS pascamoratorium dari Pemerintah Pusat sebanyak 103 formasi. Di antara formasi tersebut terdiri dari 55 formasi guru, 35 tenaga kesehatan, dan 13 tenaga strategis/tenaga teknis lainnya. Dari semua jumlah ini, sudah ditentukan di mana akan ditempatkan dan ditugaskan. Dari semua posisi tersebut, tentu saja kebanyakan akan ditempatkan di daerah. Oleh karena itu, ditegaskan Syarif bahwa setiap pendaftar harus siap untuk penempatan. “Dari luar juga boleh daftar di sini (Ketapang, Red), asal sesuai formasi dan jurusan. Tapi yang jelas, setelah diterima, jangan pula minta pindah. Karena selama ini sudah banyak yang seperti itu,” tandas Syarif.

Dia juga menegaskan bahwa Ketapang sama sekali tidak memrioritaskan putra daerah untuk penerimaan CPNS ini. Namun dia kembali berharap kepada mereka yang lebih memiliki mental kuat, untuk ikut bersaing dalam seleksi penerimaan tersebut. Oleh karena itu, Syarif berharap kepada Pemerintah Pusat dalam meloloskan mereka ini tidak hanya menilai dari kalangan intelektual saja, tapi mempertimbangkan kondisi di lapangan yang menyangkut mental. Karena diungkapkan dia, sejauh ini Bagian Kepegawaian sudah banyak menerima pengajuan pindah dari daerah, ke tempat asal pegawai bersangkutan, dengan alasan tidak betah dikarenakan kekurangan fasilitas. Kekurangan-kekurangan dimaksud seperti jalan yang rusak, tidak ada listrik, tidak ada jaringan telepon seluler, dan lainnya. “Pemerintah Pusat juga harus memperhatikan hal-hal seperti itu,” paparnya.

Tempat penyampaian berkas lamaran diserahkan ke Bagian Kepegawaian Setda Ketapang sejak 9 September hingga 28 September mendatang. Sementara tes tertulis akan dilaksanakan pada 3 November, dengan tempat dan lokasi pelaksanaan akan diberitahukan kemudian. Tes meliputi wawancara kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi.

Terkait persyaratan untuk memudahkan penyeleksian, Syarif meminta agar pendaftar memiliki kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan, untuk mengisi jabatan yang dibutuhkan. “Yang tidak sesuai dengan jurusan dan formasi, maka dengan sendirinya akan gugur,” ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh calon pelamar CPNS untuk tidak mempercayai siapa saja yang menjanjikan untuk bisa membantu meloloskan menjadi CPNS. “Karena tidak ada yang mengetahui susunan dan tatakerja Tim Panitia Seleksi Nasional (Kementerian PAN dan RB, BKN, BPKP, Kepolisian, BIN, Depdagri, Ombudsman, Konsorsium PTN, BPPT, dan Lemsaneg),” tuturnya.

Sementara untuk K2, pihaknya masih belum mendapatkan petunjuk dari pusat. Dia mengungkapkan bahwa direncanakan pada 13 September ini akan dirapatkan di Jakarta. Sedangkan untuk K2 dan honor, menurut dia, tesnya akan serentak dilakukan pada 3 November. “Kuota honor dan K2 masih belum tahu. Yang 103 ini khusus pendaftar umum,” pungkasnya. (afi)

sumber : pontianak post

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s