Posted in WikiPAWK

Mereka dan Kampus FKIP UNTAN

ImageImage

Pernahkah kamu mengamati kondisi kampus orange-mu?  Kondisi ruang kuliah misalnya. Atau lorong-lorong ataupun kamar kecil?

Pernah mengamatinya ? ketika pagi hari ? Siang hari ? sepulang kuliah ?Tahukah anda, oleh SIAPA ????

-Piket kelas. ( kayak anak sekolah aja pake piket kelas ), ckckck. -.-

  “ Jagalah kebersihan “

“ Kebersihan sebagian dari iman “

Demikian slogan-slogan yang sering kita dengar. Namun, tahukah anda sebagai warga kampus  bahwasanya terjaganya kebersihan dan keasrian kampus kita saat ini tidak terlepas dari tangan-tangan kasar mereka  ???  iya, mereka. Lantas, Siapa itu “mereka” ???

Berikut merupakan hasil bincang-bincang singkat kami dengan seorang tukang bersih-bersih kampus FKIP UNTAN. Semoga memberi manfaat bagi teman-teman pembaca. Meski sedikit info yang didapat, namun setidaknya anda dapat tahu nama dan alamat dari bapak yang bersih-bersih dikampus kita. Hehehehe.

ImageAbdul Mutalib. Demikian nama lengkap beliau. Lelaki ini mengaku telah bekerja selama 11 tahun sejak tahun 2002 silam. Beliau yang sehari-harinya bersepeda berangkat ngampus, bertempat tinggal di jalan Purnama II ( Simpang koramel).

Meski terbilang tidak muda lagi, namun semangat beliau mengemban tanggung jawab tetap berkobar. Terbukti meski izin tidak masuk kerja diperbolehkan oleh pihak kampus, beliau mengaku tidak pernah izin. “Boleh izin. Tapi alhamdulilah selama ini saya belum ada izin. Pernah sakit, tapi masih bisa di bawa kerja. Jadinya terus kerja”, tutur beliau.

Beliau yang kami temui pada selasa (19/02/2013) mengatakan bahwa ia tidak sendiri dalam menyelesaikan pekerjannya. Dia dibantu oleh 3 orang rekan yaitu Idris, Iko, Beny. Beliau menjelaskan ada pembagian wilayah kerja. Pak abdul bertugas membersihkan daerah lorong sepanjang ruang 1 hingga ruang 9 termasuk WC, ruang kuliah, dan daerah pekarangan sekitar, sedangkan rekan yang lainnya bertugas membersihkan daerah lainnya. Walaupun sudah ada pembagian wilayah kerja, tak jarang pak abdul juga merambat hingga ke belakang sekretariat bersama membakar sampah, menyingkirkan reruntuhan dahan pohon dan lain sebagainya.

Untuk waktu kerja, beliau dan rekan lainnya kerja dari hari senin sampai sabtu dari pukul 5.30 WIB hingga 14.30 WIB. Di sela-sela penatnya pekerjaan dan teriknya matahari, beliau dan rekan-rekan biasa istirahat di ruang umum sekedar makan, minum dan bersenda gurau melepas lelah.

“Suka dan duka, tak adelah dek. Saye nganggap udah kerje saye kayak gini”, demikian penuturan beliau ketika kami tanyakan mengenai suka dukanya selama bekerja sebagai tokoh kebersihan kampus orange. “Misalnya ni pak ada mahasiswa buang sampah sembarangan, ataupun ruangan dah rapi ni pak, eh malah berantakan lagi oleh mahasiswa, dak kesal ke pak?”, tanya kami. “ Ndak. Udah kerjaan saye”, demikian tutur beliau singkat. Mengingat pekerjaan tesebut merupakan amanah baginya, beliau menjalaninya dengan ikhlas hingga beban yang berat menjadi ringan.

Demikian hasil bincang-bincang singkat kami dengan bapak abdul mutalib. Anda mungkin sering menjumpai beliau di lorong-lorong kampus, membawa sapu dan karung sampah. Inilah beliau yang bersahaja. Beliau juga menyampaikan apabila ada mahasiswa/i yang ketinggalan barang di ruangan dapat menanyakan kepada pak abdul atau 3 rekannya. Biasanya mereka yang mengamankan. Mereka dapat teman-teman temui di daerah sekitar kampus pada jam kerja, atau ruangan umum saat jam istirahat.

Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan manfaat. Meski sedikit info yang dapat kami sampaikan, namun kami tetap bersyukur kami tetap dapat berbagi mengingat banyaknya hambatan yang kami alami sehingga tulisan ini dinomor duakan ( kwkwkw),  mulai dari persiapan ujian akhir semester sampai liburan semester usai dan perkuliahan aktif kembali (hehe….), dikejar-kejar oleh jadwal mata kuliah hingga hanya beberapa pertanyaan yang dapat kami lontarkan pada narasumber. hhehe

Tulisan ini ditulis bertujuan untuk memberikan sedikit wawasan atau secercah info bahwasanya dalam peliknya hal-hal kampus ada sosok yang berjasa yang sering kita pandang  sebelah mata. Malah mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui selama ini ada mereka di tengah-tengah kita. Nah, bagi kawan-kawan mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang belum kenal dengan beliau, monggo kenalan. Hehehe. Toh kita sesama warga kampus. Saling menjalin tali silaturahmi.

Kami menerima dengan senang hati kritik dan saran dari berbagai pihak mengenai perbaikan tulisan ini ataupun ide-ide mengenai info-info yang baik untuk kami share dan menjadi tema WikiPAWK berikutnya..

Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan …

Sampai jumpa pada WikiPAWK selanjutnya,..

Terima Kasih…

ImageSALAM MAHASISWA BERWAWASAN !!!! ^-^

Penulis

Tim PAWK’ers

HMPF FKIP UNTAN

#### Silahkan kunjungi Blog kami ( HMPF FKIP UNTAN ) untuk menambah wawasan saudara-saudari..

Silahkan sampaikan ide-ide kepenulisan lainnya,,

PJ : BELKA ANDROMEDA bekerja sama dengan PIJAR HMPF FKIP UNTAN….

 

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s