Posted in WikiPAWK

Pangeran Parkir FKIP

Tahukah kalian, Parkiran tempat motor kita berpijak selama ini di jaga oleh 6 pangeran parkir ?????

Mungkin ade yang bertanya-bertanya ngape di kampus kite ade narik biaya parkir ?

Fakultas lain sepertinye dak ade narik biaya parkir ?? dak usah jaoh-jaoh… kampus sebelah jakla bise di tengok tak ade pungutan buat parkiran..

Hanya 500 rupiah sih, tapi tau same taulah mahasiswa tingkat ketelitian alat ukur duitnye tinggi… hehehe

Terus, berapelah peghasilan abang parkir ?????

Berikut  hasil wawancara kami dengan salah seorang abang tukang parkir FKIP UNTAN …

Cekidottttt … !!!!!

 Nama narasumber : Bejah ( nama Gaul )1

Alamat                       : Sungai Rengas

Masa kerja                : Mulai kerja tahun 2005

Dah 7 Taon oi bang bejah di parkiran… tapi ternyate ade yang lebih dolok agik,, uda  dari tahun 2003 di parkiran, huuu…. Setianye gak same parkiran … : )

MEKANISME KERJA

Jadi ceritenye ni jang, di kampus kite tepatnya di FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNTAN, ade 6 Pangeran yang jage parkir ( Bejah, Agung, Hengki, Yogi, Sapran, ketok “budi” ).. Ngape ade tukang parkir ??? Tau-tau soranglah jang ye lahan kite ni. Kalau dak ade yang ngatur, ape rupenye ..

 Sistem kerjanya per shift. Ada dua Shift dalam satu hari. Shift pagi dan shift sore. Setiap shift dijaga oleh 2 orang, ini khusus parkiran 1 di lapangan basket. Yang jaga totalnya ada 4 orang ( bang Bejah, Bang Agung, Bang Hengki, Bang Yogi ). Jadwal di ROLLING seminggu sekali.  Hari kerja senin – sabtu. Jadi, tak usah heran kalau minggu tak ade abang parkir. DAY OFF !!!

-shift pagi : 07.00 – 15.30

-shift sore : 15.30 – 21.40

Untuk parkiran 2 (seberang DPR ), khusus di jaga oleh bang Sapran dan bang ketok.

PENGHASILAN

Upah yang diperoleh oleh abang-abang parkir berasal dari pungutan biaya parkir mahasiswa. Biasanya abang parkir menerima Rp 500 per motor . Tidak ada tambahan upah dari sumber lain. Malah mereka harus menyetor lagi ke fakultas. Besarnya setoran sebagai berikut :

Parkiran 1 ( area lapangan basket ) : Shift pagi ( 30.000 )

                                                                 Shift Sore ( 30.000 )

Parkiran 2 ( seberang DPR )              : Shift pagi ( 20.000)

                                                                   Shift sore ( 20.000 )

Jadi, total setoran ke fakultas ialah Rp 100.000 per hari. (Lumayan besar kan setoranye). Menurut narasumber, uang setoran tersebut di gunakan untuk perlengkapan lahan parkiran yang dikelola oleh fakultas, seperti penerangan, bata, pasir dan lain-lain…. ( tapi boleh ga’ kali ye kite liat lagi realita lahan kite..he)

Setelah membayar setoran, barulah mereka memperoleh pendapatan bersih per shiftnya. Kata bang bejah, “ duit bersih yang didapat tu dek, dak langsung jadi punya abang. Bagi dua agik lah same kawan abang yang jage per shift nye”.

Lalu, berapelah rata-rata hasil bersih bang bejah per hari ??

 Kate bang bejah sih hasilnye lumayan untuk die yang masih bujang. Dak tau lah untuk kawan-kawan lainye yang mayoritas udah berkeluarga. Untuk nominal secara pasti, narasumber tidak mau menyebutkan berapa penghasilan bersih yang mereka dapatkan. ( Namun, di ujung wawancara die keceplosan ngomong nyebutkan penghasilannye.. hehe .. so, hanye penulis yang bole tahu, udah diamanahkan, katenye sakral kalau penghasilan di publish. Yo wes, penulis mingkem :).  Tapi ketahuilah kawan, penghasilan bersihnye terasa tidak sebanding dengan keringat mereka yang terbuang. Namun, selama itu selalu di syukuri terasa cukup buat mereka. Ternyata, sekeping demi sekeping Rp 500,- itu sangat berarti lo buat mereka. Selama ini, kita kurang sadar ternyata mereka butuh kepingan logam itu.

 

 

 

KASUS-KASUS

Bang, selama abang berprofesi sebagai tukang parkir di FKIP ni, ade kejadian kehilangan dak bang ???

Oooo.. jelas ada. Helm sudah biasa..

Yang punya protes dak bang kalau hilang ??

Oooo.. jelas ada yang protes. Tapi gimane gak nak jage beratus helm tu. Kami udah sering mengingatkan untuk menyimpan helm di tempat yang di anggap aman. Cume tengoklah, masih suke betengger di atas spion.

Kalau motor pernah ade yang hilang dak bang ??

Pernah.. Itu kejadiannye saat hari libur, kami dak ade yang jage. Motornye tu d taroh di luar area parkir.

                                                                                               2 Ni die TKP ……

Ini dijadikan Pelajaran mamen buat kite. Jangan nak cobe-cobe degil naruh motor di luar jangkauan abang parkir.

Eh iye kawan, ternyata dibalik kasus pilu di atas, tersisip pengalman lucu.

Ape lucunye ???

Kalau teman-teman semua ada yang pernah kehilngan helm.. itu mah biasa, kehilangan spion.. lebih biasa.. nahh lo… siapa yang kira diparkiran kita punya maling ban motor hahahaha… ( ban motor beserta pelaknya lesap di angkut.. kwkwkw..)

MASALAH SAMA BIROKRAT GIMANA BANG ?

Emang kadang-kadang kena marah Bu Herkulana (PUDEK II) karena sering kecolongan portal terbuka, mahasiswa nyelonong parkir di area DILARANG PARKIR.

Na.. sebenarnye daerah ini tak boleh parkir, tapi masih banyak mahasiswa yang degil !

4

Tapi kejadian ini, diakui oleh bang Bejah dengan rendah hati berkata , “ Tapi emang salah kami sih, soalnye yang biase nyelonong tu kawan-kawan kami”. Ckckckckc . # Peyek bang e..

Em.. untuk parkiran karyawan sebenarnye udah di siapkan.. cume itulah ade yang suke degil cari parkiran yang lebih dekat dan dianggap strategis.

DUKANYA

Dari tadi cerite happy jak bang, pilunye jadi pangeran parkir ade dak bang??

Kate Bang Bejah, “ sebenarnye menyenangkan kerja sini, ketemu mahasiswa cantik-cantik”, hehehe

Menurut penuturan beliau, hal yang paling memBT(Bad Tempered) selama jadi karyawan tetap FKIP ( divisi parkir ) adalah “ Kalo kite lagi capek-capeknye ni, ade mahasiswa udah ndaak BAYAR, ehh…. Mukenye lebih GARANG dari kite”..  @^@ (#PM kali tuuu)..

##kckckc.. Makenye mamen muka biasaaa aja dooonggg,, ngerti ba kalo dak ada duit.. malu sama tittle mahasiswa. Hehehe..

Nahh dah tau kan cerite abang parkir kite.. Jadi, tak usah nak berot muke dengan abang parkir atas pemungutan biaya. Mereka menjalankan apa yang telah dirahmati oleh sang pencipta untuk mengais rezeki. 500 rupiah ikhlaskan saja, hitung-hitung kite berbagi sepotong goreng pisang same abang parkir. SIP mamenn… J

Oke, cukup sekian terimakasiee.. mohon maaf atas kekurangan dan kekhilafan..

Sampai jumpa di episode WikiPAWK berikutnya,

SALAM Mahasiswa berwawasan .^^

                                                                                                                                                Penulis

                                                                                                                                    Tim PAWK’ers

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s