Posted in Langkah Kaki HMPF

Gebyar Fisika

Gerimis di pagi 13 November 2010, tidak menghalangi niat panitia Gebyar Fisika HMPF FKIP Untan untuk melakukan persiapan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Setelah semalaman beberapa panitia cowok tidur di gedung Anex untuk menjaga peralatan dan memasang spanduk. Gebyar Fisika sendiri merupakan program kerja baru yang diadakan oleh bidang Peningkatan Akademik dan Wawasan Keilmuan (PAWK). Ketua panitia adalah saudara Kamaludin yang sedang kuliah di semester 5.

Sekitar pukul 09.00 WIB peserta 10 besar LKTI mulai berdatangan. Para peserta akan diuji oleh tiga orang juri, dosen FKIP. Presentasi berlangsung hingga pukul 18.00 WIB. Setelah juri berunding dan total poin sudah dihitung, ditetapkan lima besar yang berhak mambawa pulang hadiah dan tropi dari panitia.

SMAN 2 Pontianak berhasil keluar sebagai juara 1 dengan total poin 779 dengan judul makalah “Penerapan Sistem Kombinasi Hidrolik Pegas pada Kapal sebagai Solusi Peredam Goncangan Gelombang Agar Terhindar dari Mabuk Laut “ dan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 1.500.000,- beserta tropi dan sertifikat. Juara 2 dan 3 adalah SMAN 2 Singkawang (773 poin) dan SMAN 4 Pontianak (748,8 poin) masing membawa pulang uang tunai Rp 1.000.000,- dan Rp 750.000,- serta trofi dan sertifikat. Untuk juara harapan 1 dan 2 adalah SMAN 1 Semparuk (744,17 poin) dan SMAN 4 Pontianak (730,83 poin).

kaprodi Fisika FKIP, ibu Haratua
kaprodi Fisika FKIP, ibu Haratua
juri LKTI
juri LKTI
presentasi
presentasi
presentasi (2)
presentasi (2)
presentasi (3)
presentasi (3)
5 besar LKTI
5 besar LKTI
Foto bareng LKTI
Foto bareng LKTI

14 November 2010, berlangsung Physics Competition. Sebanyak 68 peserta memperebutkan piala bergilir Dekan FKIP Untan dan piala tetap beserta uang tunai jutaan rupiah. Lomba dibagi dalam tiga tahap. Tahap I adalah essay (5 soal), tahap II pilihan ganda (20 soal) dan tahap III sebab-akibat (25 soal). Penilaian dan penentuan pemenang ditentukan dari jumlah skor ke tiga tahap tersebut. Dari 68 peserta ini akan diambil 3 besar yang masing-masing akan mendapatkan uang, tropi, dan sertifikat. Juara 1 mendapatkan uang sebesar 1,25jt rupiah, juara 2 sebesar 1jt rupiah, dan juara 3 sebesar 750 ribu rupiah serta juara harapan 1 – 3 mendapatkan bingkisan dan sertifikat.

Lomba berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. Panitia melakukan perhitungan poin yang diperoleh tiap peserta. Juara I diraih oleh SMAN 4 Pontianak, disusul berurutan juara II dan III dari SMAN 2 Singkawang dan SMAN 3 Pontianak.

ketua GF + HMPF
ketua GF + HMPF
peserta PC
peserta PC
peserta PC (2)
peserta PC (2)
tim korektor PC
tim korektor PC
6 besar PC
6 besar PC
penghargaan sponsor
penghargaan sponsor
panitia
panitia

HMPF.. Kami Banggaa..

Fisika.. Luar Biasaa..

tertangkap basah
tertangkap basah

hehe..

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

5 thoughts on “Gebyar Fisika

  1. …HMPF kami Bangga….
    …Fisika Luar Biasa…
    akhirnya…terlaksana juga kegiatan yang…menguras fisik dan bathin…
    alhamdulillah berjalan lancar…semua kegiatan…berjalan baik wlw masih ada beberapa kekurangan…yang insyaALLAH akan diperbaiki untuk kedepannya…aminn..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s