Posted in Langkah Kaki HMPF

Penutupan Dies Natalis + Pelantikan Pengurus HMPF Periode 2010/2011

Hujan dengan derasnya mengguyur kota Pontianak sejak subuh. Aliran darah panitia dies natalis HMPF seakan berhenti mengalir, menunggu dengan penuh harapan dan doa agar hujan segera dihentikan oleh yang di atas. Sekitar pukul 09.00, hujan mulai menurunkan intensitas tetes air yang diturunkannya. Tampak wajah panitia kembali merah muda berseri dan satu persatu peserta mulai berdatangan ke lokasi.

Mmh.. tapi, sebenarnya ada acara apa hari ini? Mungkin bagi kalian keluarga HMPF sudah bisa menebak dengan jelas dan jika tidak tahu, itu sangat tidak wajar dan luar biasa.

Hari ini, Minggu 30 Mei 2010 diadakan dua acara penting. Acara pertama merupakan acara penutupan dies natalis. Sedangkan acara kedua adalah acara pelantikan pengurus HMPF periode 2010/2011, acara yang sangat ditunggu oleh pengurus-pengurus baru di HMPF yang sebelumnya telah dibentuk oleh tim formatur.

Sebelum acara penutupan dimulai, masih terdapat satu agenda dies natalis yang diadakan, make a tar. Pukul 09.30, peserta make a tar dengan semangat luar biasa menghias kue buatan mereka. Peserta lomba ini terdiri dari angkatan 2008 dan 2009. Sangat disayangkan, angkatan lain tidak bisa mengikuti agenda ini berhubung satu dua tiga dan lain hal.

Ibu Erwina sebagai juri dengan tekun mengikuti perkembangan proses penghiasan kue oleh peserta. Hingga pada akhirnya pukul 10.20, dua unit kue yang telah dihias digiring menuju meja depan. Dua orang perwakilan masing-masing kelompok ikut menemani langkah sang kue tersebut.

Sekitar 10 menitan, mereka mempresentasikan dan mensosialisasikan kue hasil karya tangan kreatif mereka. Eis, sang juru bicara angkatan 2008 menjelaskan bahwa: “kue ini kami beri warna coklat muda dan terkesan lembut. Hal ini menyiratkan sebuah arti di mana HMPF bersikap lembut dan sopan serta diharapkan dalam melaksanakan proses pengkaderan tidak menggunakan “kekerasan”. Sedangkan di atas kue ini, kami hiasi dengan gambar seperti tikar pandan. Artinya, semua anggota HMPF yang pada dasarnya adalah individu bisa bersatu dalam satu ikatan HMPF. Sekian, terima kasih”.

Angkatan 2009, Eva sabagai pemandu bicara angkatannya dengan semangat menggebu berkata: “kue ini kami beri hiasan dengan warna cokelat di atasnya dan ini menandakan bahwa sesungguhnya anak fisika memang manis-manis adanya”. Ide yang cukup sesuai dengan kenyataan yang ada.

Kemudian semua kendali diserahkan kepada tiga dewan juri, ibu Erwina, Ryan, dan Ratyo. Sejenak mereka berembuk mencari siapa yang pantas menjadi juara dalam kompetisi make a tar. Tidak lama waktu berselang, tampak wajah ketiga dewan juri tersenyum manis. Sepertinya mereka telah menemukan siapa yang pantas meraih gelar juara.

Demikian acara make a tar telah selesai dilaksanakan. Pukul 10.45, pembawa acara terlihat sudah duduk di kursi yang disediakan dan para tamu undangan juga telah menempati kursi yang telah disediakan panitia. Acara penutupan dies natalis segera dimulai dan dibuka dengan membaca basmalah. Acara dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh ketua panitia Hamidi, ketua HMPF Ryan Pratama dan ibu Erwina selaku dosen prodi P. Fisika. Dalam kata sambutannya, ibu Erwina berharap HMPF bukan hanya sekedar himpunan, akan tetapi juga harus bisa menjadi jembatan antar mahasiswa maupun antara mahasiswa dan dosen. Usai memberi kata sambutan, ibu Erwina dengan resmi menutup kegiatan dies natalis HMPF yang telah berlangsung selama satu minggu sejak tanggal 24 Mei.

Setelah acara penutupan selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara yang sangat spektakuler yaitu pelantikan pengurus HMPF periode 2010/2011. Pertama, pelantikan ketua oleh ibu Erwina. Adhitya dengan kharisma  pemimpinnya mengucapkan ikrar sebagai ketua HMPF, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh seluruh pengurus. Sah sudah jabatan pengurus periode 2010/2011. Acara serah terima jabatan ex-ketua kepada ketua berlangsung simbolis. “Akhirnya dilantik juga” demikian kata Adhit saat diwawancarai dilokasi.

Berakhir sudah rentetan dua kegiatan penting hari itu. Terakhir adalah acara keakraban di mana setiap angkatan menampilkan photo slide angkatan. Tidak lupa panitia menyuguhkan aneka makanan dan snack yang enak. Dimulai dari angkatan 2007, kak Uul sebagai producer menampilkan  foto-foto yang tidak lepas dari tema museum, pantai, dan PoSiTiF. Ketidaksiapan sangat terlihat dengan tidak teraturnya alur saat pemutaran slide. Hho.. (maaf yaa jika tersinggung). Tampilan kedua dari angkatan 2009. Producer mereka, Angga lebih banyak menampilkan foto-foto keseharian dan kebersamaan mereka. Banyak foto-foto lucu dan aneh yang ditampilkan. Terakhir adalah dari angkatan 2008. Bertindak sebagai producer, Meta dan co-producer, Ngia Masta. Hasil slide yang sangat kreatif ditampilkan oleh mereka. Biodata 17 mahasiswa 2008 ditampilkan full colour. Foto-foto yang ditampilkan juga tidak kalah menarik dibandingkan angkatan sebelumnya.

Selesai acara photo slide, dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada pemenang berbagai lomba dies natalis. Para pemenang mendapat piala berbentuk gelas dan marchandise menarik dari panitia. Khusus untuk futsal hanya mendapat tropi dan piagam sedangkan make a tar mendapatkan hadiah berupa majalah resep makanan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya:

Kompetisi futsal:

  1. Angkatan 2006 (tropi dan piagam)
  2. Angkatan 2009 (tropi dan piagam)
  3. Angkatan 2008
  4. Angkatan 2007

Make a tar:

  1. Angkatan 2008 (majalah resep masakan)
  2. Angkatan 2009

War of baloon (perang balon):

  • Cowok : Yedi Affandi 2008 (piala gelas)
  • Cewek: Gemma Deo Pangestu 2008 (piala gelas)

Leadership and accuration competition (paku dalam botol):

  • Cowok: Raga dkk (piala gelas)
  • Cewek: Mustika dkk (piala gelas)

Makan kerupuk:

  • Cowok: Raga 2008 (piala gelas)
  • Cewek: Intan 2007 (piala gelas)

Gendong tak gendong:

  • Cowok: Ryan + Kamal (piala gelas)
  • Cewek: Yani + Upik (piala gelas)

Hhm.. Sekian dan terima kasih..

Selamat ulang tahun HMPF..

Penulis:

Organisasi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

6 thoughts on “Penutupan Dies Natalis + Pelantikan Pengurus HMPF Periode 2010/2011

  1. …acaranya seru…bgt dan sangat mengesankan…
    tidak terasa udah 5 thn HMPF berdiri…smoga kepengurusan tahun ini lebih baik…
    HMPF kami bangga…
    Fisika Luar Biasa….
    SEMANGATTTT…..^_^….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s